10 PEGULAT YANG MENCAPAI POPULARITAS TANPA DIBANTU PIHAK WWE

Menjadi Jawara Dunia WWE sebenarnya sangat sederhana, pertama anda hanya perlu menghabiskan seluruh hidup anda untuk bekerja menjadi seorang pegulat terkenal, dan bagian tersulitnya adalah selamat dari politik yang dijalankan WWE dan berharap akan mendapatkan lebih.

Jalan untuk menjadi seorang toko besar dalam sejarah gulat biasanya diisi dengan berbagai hambatan, mulai dari permainan pikiran birokrasi sampai melompati rintangan. Jika anda berniat untuk mundur, maka pihak WWE tidak segan akan menghukum anda dengan mengambil tindakan nyata atau tidak pernah memberikan apapun yang anda harapkan selama ini.

Banyak karir yang telah berakhir sebelum mereka memulai debutnya di WWE; tidak dalam arti bahwa bakat itu dilepaskan begitu saja, tetapi mereka tidak kreatif sehingga tidak dapat bekerjasama dengan WWE. Dalam beberapa kasus tertentu, banyak pegulat yang dipaksa untuk mencari ketenaran atau popularitas dengan berbagai cara alternatif.

Di masa lalu, banyak pegulat terkenal yang mengandalkan keterampilan gulat mereka untuk mendapatkan popularitas dan rasa hormat dari fans, itulah faktor yang akhirnya mendorong mereka menjadi terkenal. Perlu anda ketahui jika faktor tersebut terjadi selama di Golden Era. Sebaliknya pada Attitude Era seperti saat ini, justru memiliki tempo pertandingan yang lebih pendek, namun disini terdapat kebebasan berkreatif untuk mengembangkan karakter pegulat di layar, itulah faktor yang akhirnya mendorong mereka menjadi terkenal tanpa bantuan WWE.

Meskipun para pegulat saat ini memiliki waktu layar yang sangat terbatas, terutama di WWE, ternyata mereka lebih memiliki banyak kesempatan untuk menjangkau para penggemarnya lebih dari sebelumnya. Entah itu menggunakan media sosial, siaran televisi, video YouTube atau menghibur fans di rumah dengan acara pertandingan, pada intinya para bintang WWE ini selalu menggunakan cara alternatif yang berarti untuk mendapatkan fans.

Dan didalam artikel kali ini, saya akan membahas tentang 10 pegulat yang mencapai popularitas tanpa bantuan dari pihak WWE atau setidaknya mereka berhasil mendongkrak kesuksesan sendiri didalam perusahaan tersebut.

1. Zack Ryder

Kasus yang paling kejam terjadi di WWE dengan menghukum sang bintang karena mendapatkan popularitas tanpa bantuan mereka seperti kasus yang menimpa pegulat Zack Ryder, Mick Foley mengatakan “The Sad Story of Zack Ryder”. Pada tahun 2011, Ryder bekerja keras melalui media online seperti Twitter dan YouTube untuk mendapatkan followers yang akhirnya menjadi fans setianya.

Dengan menggunakan media onlinenya, Ryder terhubung dengan para penggemar dan setiap ia bertanding, di sepanjang pertunjukkan WWE mereka menulis “WE WANT RYDER” dan nyanyian untuk dirinya.

Nyanyian tersebut begitu jelas, hingga The Rock harus memberhentikan promonya di Madison Square Garden karena para penggemar lebih menyukai Ryder Revolution. Akhirnya Ryder memenangkan gelar Amerika Serikat dan menikmati era keemasannya secara singkat.

Sayangnya ia tidak seperti pegulat lainnya dalam daftar ini, Ryder tidak pernah melangkah ke WrestleMania karena pihak WWE melakukan segala cara untuk mengubur bintang muda ini.

2. Daniel Bryan

Sebagai bukti bakatnya, Daniel Bryan mampu meninggalkan kesan mendalam bagi para penggemarnya dan pertandingan singkatnya sangat menarik perhatian para fans. Meskipun dirinya secara terus-menerus dikubur dengan serangkaian pemograman WWE, mantan Juara Dunia ini selalu dapat terhubung dengan para fansnya.

Bryan dikeluarkan dari Royal Rumble 2014, padahal para fansnya ingin melihat jelas Bryan maju ke WrestleMania. Reaksi dari para fans begitu kuat sehingga pihak WWE terpaksa mengubah acara utamanya di WrestleMania.

3. Stone Cold Steve Austin

Jika Steve Austin adalah orang yang pasif, maka kita tidak akan pernah melihat sosok Stone Cold. WWE membawa Austin sebagai The Ringmaster. Setelah beberapa bulan menjadi The Ringmaster, Austin mendekati WWE dan mengatakan jikalau dia bukanlah The Ringmaster. Triple H kemudian datang dengan istrinya untuk memberikan ‘ide’ kepada Stone Cold.

Austin kemudian mendapat peristirahatan panjang ketika Triple H mencabut perannya didalam Curtain Call. Austin kemudian dipesan untuk memenangkan ajang King of the Ring tahun 1996, tapi Austin 3:16 lebih memilih ide dan promonya sendiri untuk mengerjakan karakter yang ia lakoni. Sejak saat itu, WWE banyak menuai manfaat.

4. Rob Van Dam

Sang bintang ECW, Rob Van Dam adalah salah satu pegulat yang berdiri dalam promosi dan sering tampil di atas ring tanoa menggunakan bantuan perusahaan terkenal itu. Ada rumor yang beredar jika di ECW, RVD bisa mendapat popularitas yang sama seperti yang dia lakukan di WWE saat melakukan debutnya pada tahun 2001.

WWE sadar meskipun menjauhkannya dari para fans, mereka tidak pernah bisa untuk melupakan RVD karena ia telah menanamkan ideologi non-konvensional. Paul London menawarkan alasan yang berbeda untuk WWE dan tidak mendorong RVD dengan menyatakan bahwa Triple H telah menahannya dalam sebuah wawancara pada tahun 2013.

5. CM Punk

Punk memproklamirkan dirinya sebagai “King of the Indies” dan menandatangani kontraknya dengan WWE setelah melakukan aksi menakjubkan dalam promosi acara gulat di awal 2000-an. Sebagai bukti WWE menaruh sedikit harapan bagi Punk, mereka mengijinkan nama Punk untuk tampil disemua karirnya, sungguh suatu kesalahan besar yang mereka buat.

 border=

Punk meniti karirnya dari ECW kemudian pindah ke RAW tanpa bantuan dari pihak WWE manapun. Ia dapat dengan cepat mendongkrak popularitasnya di hati para penggemarnya sehingga WWE mulai melihat kemampuan sosok Punk. Bintang UFC saat ini siap jikalau dirinya dijadikan salah satu pegulat paling ikonik di WWE.

6. The New Day

Trio ini berhasil menjadi salah satu ikon terpanas didalam perusahaan yang membuktikan bahwa karisma dan bakat dapat menjadi kartu truf andalan. Kofi, Big E dan Xavier Woods tidak menggambarkan idenya untuk menjadi seorang pengkhotbah ataupun seseorang yang licik. Ketiga pegulat ini awalnya sering menerima ejekan dari para fans selama beberapa bulan, hingga akhirnya The New Day dapat membuktikan bahwa mereka tidak perlu tim kreatif WWE untuk memaksa para fans menyoraki mereka. Mereka hanya cukup menampilkan beberapa pertandingan lucu dan besar di tahun terakhir ini.

7. Cesaro

Tidak pernah ada rencana nyata untuk Cesaro saat memulai debut pertamanya di WWE tahun 2012 silam. Bintang Swiss ini lahir dan hanya perlu waktu 4 tahun untuk mendapatkan popularitasnya tanpa bantuan perusahaan. Meskipun ia telah menjadi salah satu pegulat paling berbakat, WWE belum memanfaatkan Cesaro dengan benar. Para fans tampaknya tidak perlu tentang peran apa yang akan ia ambil selanjutnya, mereka tampak merindukan sosoknya. Ia begitu dirindukan karena memiliki tema yang mengerikan, kekuatan konyolnya dan etos kerja yang sedikit ‘gila’.

8. John Cena

Anda perlu kembali ke tahun 2002 dimana Cena melakukan debut pertamanya saat melawan Kurt Angel sebagai pendatang baru di WWE. John Cena adalah pegulat yang harus bekerja dengan cara yang keras sebelum dirinya terpampang sebagai ikon WWE. Etos kerjanya yang pantang menyerah dan menghibur adalah alasan yang mendorongnya mencapai puncak popularitas.

Perlu diingat bahwa dulu Cena selalu melawan orang-orang yang lebih tinggi popularitasnya seperti Albert, D-Von, Billy Kidman, Rico, Chuck Palumbo, Spanky dan Funaki. Saat ia menjadi penantang utama di WWE, ia harus mengaku kalah dari pegulat seperti Eddie Guerrero, Kurt Angle, Chris Benoit, Undertaker, Brock Lesnar, dan Chris Jericho.

9. Shane McMahon

Sebenarnya ia tidak masuk dalam hitungan ini dikarenakan ia adalah calon pewaris perusahaan WWE, tetapi manusia seperti Shane McMahon tetap memperoleh tempat di WWE. Ia bukan pegulat, namun penampilannya begitu menghibur dan menawan sampai kehadirannya ditampilkan di WWE Programming.

 border=

Mantan pekerja kantor perusahaan WWE ini tidak pernah menggunakan ‘kekuasaannya’ untuk tampil di setiap acara utama WWE. Meskipun ia sudah tidak tampil diatas panggung sejak tahun 2010, para fans masih berharap dirinya akan kembali lagi ke atas panggung dengan memberikan sedikit aksi menghibur.

10. Dolph Ziggler

Waktunya di WWE selalu datang dan pergi, datang dan pergi dan datang sekali lagi sehingga namanya berhasil diangkat oleh WWE untuk menjadi pegulat yang tampil pada acara utama. Ziggler kerap menjual jalannya ke hati para fans kemudian mengumpulkannya dan meledak saat ajang PG Era dalam pertandingan Money In The Bank di WrestleMania tahun 2013. Ziggler berada didalam posisi yang aneh, ia berhasil menjadi pegulat populer tanpa didorong pihak WWE.